Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi

Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi - Hai sahabat, sebagai Masyarakat negara Indonesia tentu saja kita tidak asing dengan TNI AD, sebagai salah satu organisasi yang bertugas sebagai garda terdepan dalam pertahanan negara.


Namun tentu tidak semua dari kalian mengetahui urutan pangkat TNI AD dari terendah sampai tertinggi, atau dari Prajurit Dua hingga Jenderal. Nah Kita Bhas Bersama Yuk !!

Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi

TNI AD atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat sebagai sisi TNI. Yang melakukan pekerjaan TNI di darat, TNI AD sebagai Matra dalam jumlah Prajurit terbanyak antara matra yang lain dalam jumlah Lebih kurang 268.000an Prajurit.


TNI AD dipegang dengan seorang Kepala Staff Angkatan Darat atau KSAD. Di mana saat tulisan ini dibikin dijabat oleh Jenderal TNI Andika Gagah.


Pada tubuh TNI AD ada banyak Kotama ( Instruksi Khusus ) Kewilayahan yakni 15 Kodam dan 2 Instruksi tempur ( Kopassus dan Kostrad).


Selainnya memiliki Unit - unit tempur, TNI AD memiliki unit - unit kewilayahan dengan pekerjaan membangun daerah terirorial buat jadi Ruangan, Alat, Keadaan ( RAK ) Juang yang kuat dalam hadapi AGHT ( Teror, Masalah, Rintangan dan Rintangan ) yang tiba dari luar serta dalam negeri.

Ini kali akan kita ulas selengkapnya Posisi Pangkat TNI AD dari Paling rendah Sampai Paling tinggi. Yakni dimulai seorang prajurit Dua ( Prada ) sampai Prajurit dengan pangkat bintang 4 yakni Jenderal.

Susunan Pangkat TNI AD

1. Pangkat Tamtama TNI AD

Ya... Formasi / Posisi pangkat TNI AD pertama ialah Kelompok Pangkat Tamtama TNI AD. Yakni Kelompok kepangkatan yang bekerja sebagai eksekutor di lapangan dan jadi tulang punggung paling depan dalam pertarungan.

Seorang Prajurit karier dengan pangkat awalnya Prada. Atau Prajurit 2 umumnya akan ditaruh dengan kedudukan sebagai penembak senapan dalam formasi sebuah regu senapan.

Seorang menjadi prajurit dengan pangkat TNI AD Tamtama sesudah jalani pengajaran Secata ( sekolah calon tamtama ). Pengajaran dilewati di Rindam masing - masing dengan lama pengajaran kuarang lebih 6 bulan dan diteruskan pengajaran kecabangan sepanjang lebih kurang tiga bulan.

Tetapi tidak boleh resah, TNI Terutamanya TNI AD buka karier sebesar - besarnya untuk Prajuritnya. Sesudah Penuhi syarat periode dinas karena itu tiap prajutit kelompok tamtama memiliki hak untuk pindah kelompok ke Bintara atau Perwira.

  • Formasi / Posisi Pangkat Tamtama TNI AD ialah :
  • Prajurit Dua atau Prada;
  • Prajurit Satu atau Pratu;
  • Prajurit Kepala atau Praka;
  • Kopral Dua atay Kopda;
  • Kopral Satu atau Koptu;dan
  • Kopral Kepala atau Kopka.

2. Pangkat Bintara TNI AD

Kelompok Ke-2 sama sesuai posisi pangkat di TNI AD ialah kelompok Pangkat Bintara. Yakni Kelompok satu tingkat semakin tinggi dari Tamtama dan satu tingkat lebih rendah dibanding Perwira.

Menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Serda. Seorang harus melalui pengajaran Secaba ( sekolah calon bintara ) sepanjang 7 Bulan yang diteruskan pengajaran kecabangan sepanjang tiga bulan.

Di Unit tempur seorang Bintara memegang sebagai Komandan Regu yang pimpin 10 orang Penembak senapan dengan pangkat Tamtama.

Formasi / Posisi Pangkat Bintara TNI AD ialah :

  • Sersan Dua atau Serda;
  • Sersan Satu atau Sertu;
  • Sersan Kepala atau Serma;
  • Sersan mayor atau Serma;
  • Pembantu Letnan Dua atau Pelda;dan
  • Pembantu Letnan Satu atau Peltu.
  • alumnus Akmil dengan pangkat Letnan Dua

3. Pangkat Perwira Pertama ( PAMA ) TNI AD

Kelompok ke-3 sama sesuai kepangkatan dalam TNI AD ialah Perwira Pertama, Menjadi seorang Perwira pertama dengan pangkat Letda ada cara-cara yang bisa di menempuh.

Yang pertama yakni dengan ikuti pendidkan Sekolah tinggi Militer ( Akmil), Pengajaran AKMIL yang dikerjakan sepanjang 4 Tahun di magelang Jawa tengah yang umum dikenali bernama Lembah Tidar.

Pengajaran Akmil disamakan dengan Diploma 4 hingga alumnus Akmil selainnya memiliki hak memiliki pangkat Letda memiliki hak meyandang gelar Sarjana Sains Aplikasi Pertahanan atau S.S.T., Han.

Langkah ke-2 memiliki pangkat Letda ialah melalu lajur Sepa PK ( Sekolah Perwira Prajurit Karier), Sepa PK sebagai sekolah calon perwira untuk alumnus Sarjana.

Dengan ikuti pengajaran sepanjang 7 Bulan di Resimen Candradimuka Sekolah tinggi TNI yang sampai sekarang ini pengajaran dikerjakan di Kompleks Akmil Magelang.

Langkah ke-3 agar bisa memiliki Pangkat Perwira TNI AD Letda dengan sekolah Secapa ( sekolah Calon perwira), sekolah ini khusus untuk seorang bintara yang ingin pindah kelompok jadi perwira dengan persyaratan sudah memenuhi periode dinasnya dan tidak memiliki catatan pelanggaran serius. Secapa dikerjakan pengajaran lebih kurang tujuh bulan di Bumi Pemandangan Bandung.

Seorang Prajurit dengan pangkat Letnan Dua akan memegang sebagai Komandan Peleton dengan Jumlah Anggota sekitar 36 baik Bintara mamupun Tamtama.

Posisi pangkat Perwira Pertama TNI AD ialah :

  • Letnan Dua atau Letda;
  • Letnan Satu atau Lettu;dan
  • Kapten.

4. Pangkat Perwira Menengah ( PAMEN ) TNI AD

Kelompok Kepangkatan selanjutnya ialah Perwira Menengah, Menjadi seorang Prajurit dengan pangkat Perwira menengah harus melalui kelompok Perwira pertama dan lulus sekolah pindah kelompok dari Pama Ke Pamen yang disebutkan Diklapa 2 atau Selapa.

Pangkat Perwira menengah atau pamen memiliki hak memiliki pertanda pangkat berbentuk bunga Mawar , terhitung mulai mawar satu sampai mawar tiga.

Kelompok Kepangkatan Perwira Menengah TNI AD ialah :

  • Mayor;
  • Letnan Kolonel atau Letkol;dan
  • Kolonel.

5. Pangkat Perwira Tinggi ( PATI ) TNI AD

Formasi / Posisi pangkat selanjutnya di TNI AD ialah Perwira Tinggi, Yakni kelompok kepangkatan paling tinggi di TNI AD yang memiliki hak memakai pertanda Pangkat dimulai dari Bintang satu sampai Bintang empat.

Kelompok pangkat Perwira tinggi ialah mimpi semua Prajurit, sayang tidak seluruhnya Prajurit bisa memiliki pangkat Perwira tinggi bahkan juga untuk prajurit alumnus Akmil atau Sepa PK sekalinya.

Seorang Perwira tinggi sudah terbukti di semua kedudukan dan penempatan, hingga orang - orang yang memiliki hak memiliki pangkat jenderal ini hanya beberapa orang dipilih.

Kelompok Pangkat Perwira Tinggi TNI AD ialah :

  • Brigader Jenderal;
  • Mayor Jenderal;
  • Letnan Jenderal;dan
  • Jenderal.

Sebetulnya masih tetap ada pangkat Prajurit di atas seorang Jenderal yakni Jenderal besar, tetapi pangkat itu sebagai penghargaan atas jasa jasa mengagumkan yang sudah dilaksanakan untuk TNI dan Negara yakni Jenderal Besar dengan Pertanda Pangkat 5 Bintang di mana dalam riwayat TNI baru ada 3 Orang Yakni Jenderal Besar TNI Soedirman, A.H. Nasution dan Soeharto.

Langkah Naik Pangkat TNI

Saat ini kita sudah tahu Formasi / Posisi Pangkat TNI AD Dari Paling rendah Sampai Paling tinggi, Tetapi Tahukah Kamu bagaimana ketentuan dan langkah naik pangkat TNI yang berjalan sekarang ini ?

Langkah Naik pangkat TNI harus penuhi beberapa persyaratan yakni yang pertama ialah penuhi periode dinas sama seperti yang sudah ditata ( Lebih kurang 4 - lima tahun), persyaratan ke-2 ialah tidak sedang pada proses hukum baik hukum disiplin , pidana atau perdata.

Langkah naik pangkat seterusnya harus juga memiliki fisik yang samapta, jadi saat naik pangkat bakal ada test Samapta yang dipersyaratkan sebagai kelengkapan naik pangkat.

Begitu Persyaratan untuk naik pangkat TNI terutamanya TNI AD untuk peningkatan reguler, ada pula peningkatan pangkat secara Kelompok contoh langkah naik pangkat dari Pangkat Tamtama TNI ke Bintara atau dari pangkat bintara ke pangkat perwira pertama.

Khusus untuk peningkatan pangkat antara kelompok karena itu ada persyaratan yang lain harus disanggupi yakni lulus dalam sekolah pindah kelompok, untuk pangkat Tamtama ke Bintara harus lewat pengajaran yang diberi nama Secabareg yang pengajarannya dilaksanakan oleh Rindam masing - Masing.

Untuk peningkatan pangkat dari Bintara ke Perwira pertama harus lewat pengajaran yang diberi nama Secapareg yang dikerjakan di Bumi Pemandangan Bandung untuk TNI AD.

Langkah naik pangkat dari perwira pertama ke perwira menengah juga sama yakni harus lulus dalam sekolah yang diberi nama Selapa atau Diklapa yang disebut ringkasan dari sekolah / pengajaran lanutan perwira.

Tenang belumlah usai di sini langkah naik pangkat dalam TNI, di mana dalam kedudukan pamen masih tetap ada sekolah yang dipersyaratkan untuk peningkatan pangkat yakni ada Seskoad atau Sekolah Instruksi dan Staff Angkatan Darat, Sesko TNI sampai Lemhanas.

Akhir Kata

Demikian teman - teman Formasi / Urutan Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi, dan langkah naik pangkat TNI. Mudah-mudahan berguna dan bisa menolong adik - adik tentukan kelompok kepangkatan yang pas saat mendaftarkan TNI AD.

Tidak boleh Lupa untuk dan sharing jika dirasa artikel ini berguna dan kritikan dan anjuran jika ada kekurangan baik komentar di kotak kometar atau e-mail ke alamat e-mail admin. Terima Kasih Wassalamualaikum Wr Wb.

Artikel ini telah terbit di BLOG LITERACY MILITER dengan Judul Urutan Pangkat TNI AD Dari Terendah Sampai Tertinggi