Tips Dan Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Tips Dan Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik - Hai sahabat Blog jARUM TEKNO, selamat datang di blog kesayangan kita bersama, nah untuk kali ini kita akan membahas mengenai tips dan rekomendasi aplikasi untuk edit video yang harus kamu ketahui. Bagi kamu yang tertarik dengan dunia editing video tentunya harus pantengin artikel ini sampai tuntas.

Tips Dan Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Tips Dan Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik

Saat ini aplikasi edit video memang sangat dibutuhkan untuk berbagai hal, mengingat kembali bahwa saat ini setiap perusahaan membutuhkan video untuk promosi produk yang dimilikinya. Selain itu juga editing video juga kini dibutuhkan untuk sebagian besar orang untuk membuat video yang diupload ke berbagai media sosial.

Selain itu, sekarang ini aplikasi edit video dengan kapasitas memory yang rendah tentunya menjadi incaran bagi banyak orang, apalagi jika kamu memiliki perangkat dengan ram 4GB. Baik itu untuk kebutuhan presentasi, promosi maupun dijadikan sebagai konten Youtube.

Nah bagi kamu para Youtuber pemula dan memiliki budget yang terbatas maka bisa bisa menggunakan aplikasi edit video pada smartphone Android ataupun kamu juga bisa mencari aplikasi PC yang benar – benar kuat apabila di instal maupun dijalankan pada komputer atau Pc kamu.

Sebelum kamu tahu apa saja aplikasi edit video terbaik yang mesti kamu coba, alangkah baiknya kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa tips dalam memilih aplikasi editing video supaya cocok digunakan pada perangkatmu.

1 . Cobalah Melalui Opsi Trial

Dengan software editing video tentunya akan membantu kamu untuk mengambil cuplikan gambar gerak secara mentah dan nantinya akan diubah menjadi sebuah cerita yang menarik perhatian, ketahuilah bahwa setiap platform pastinya mempunyai fitur serta alur kerja yang berbeda sehingga membuatnya terlihat unik.

Mungkin beberapa akan sangat sesuai dengan tampilan video yang diinginkan, namun disisi lain juga bisa saja terasa kurang selaras dengan nuansa maupun tampilan yang berdasarkan preferensi diri. Oulah kenapa sebelum kamu membeli, kamu bisa memilih opsi trial tersebih dahulu untuk mencoba software tersebut.

2 . Offline / Online

Harus kamu ketahui bahwa video editor itu bisa dibagi menjadi 2 kategori yang berdasarkan basisnya. Online dan offline. Apabila kamu memilih aplikasi offline atau menggunakan perangkat lunak, maka kamu mesti mendownloadnya supaya tersimpan dalam perangkat kamu. Kelebihannya adalah semua data pasti akan tersimpan dalam penyimpanan komputer tersebut.

Beda lagi untuk yang online, editor tersebut bisa mengatasi kekurangan dari perangkat offline diatas tadi, bahkan sangat sederhana dan tidak perlu menyediakan kapasitas besar. Selain itu kamu bisa menggunakannya dimanapun, namun tetap ada kekurangannya.

Untuk yang online ini yang pastinya kamu harus memastikan bahwa kamu mempunyai koneksi yang bagus dan stabil pada saat melakukan editing video secara online. Mungkin beberapa editing video dibekali dengan auto save pada saat koneksi terputus dan juga sebaliknya. Maka dari itu, hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan.

3 . Memastikan Fitur Teks Mumpuni

Salah satu hal yang mesti dipertimbangkan oleh kalian dalam memilih aplikasi edit video terbaik adalah fitur teks dalam sebuah aplikasi. Nah fitur tersebut tentunya sangat penting sekali dalam proses editing. Selain kita menampilkan visual, kita juga harus melengkapinya menggunakan teks supaya lebih jelas pada saat ditonton.

Apalagi jika karya kamu yang ditayangkan tidak disertai dialog, maka dari itu fitur teks ini harus ada.  Fitur ini tentunya memiliki berbagai fungsi seperti, membuat daftar beberapa hal yang penting sejak awal penayangan, menambahkan subtittle pada percakapan maupun sulih suara serta memberikan anotasi dibagian penting layar. Contohnya pada saat video akan dimulai.

Selain itu kamu juga harus memastikan bahwa fitur teks yang ada pada aplikasi ini dilengkapi dengan kebebasan dalam mengedit efek maupun warna.

4. Memastikan Bahwa Fitur Lain Sesuai Dengan Apa Yang Kamu Butuhkan.

Berbicara soal fitur tentunya setiap aplikasi tentunya memiliki fiturnya masing – masing. namun perlu di garis bawahi disini adalah kamu harus memastikan bahwa fitur yang ada pada aplikasi tersebut memang sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. jika tidak memperhatikan hal ini tentunya kamu tidak bisa mengedit sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pc

1 . Davinci Resolve

Jika saat ini kamu sedang mencari editing video gratisan yang mirip dengan aplikasi profesional, maka Davinci ini bisa menjadi solusi terbaik kamu di tahun ini. nah software besutan dari Blackmagic Design ini sudah dibekali dengan berbagai mcam fitur yang sangat cocok bagi kamu para pemula hingga profesional yang belum memiliki budget lebih untuk berlangganan.

Fitur yang hadir di aplikasi ini sangat beragam kamu bisa eksplor sendiri apa saja fitur – fiturnya. Aplikasi ini juga sangat mudah dipahami dan digunakan, selain itu ringan dan untuk rendering pun bisa lebih cepat. Selain itu, aplikasi ini tersedia di berbagai platform  baik itu Linux, Windows maupun MacOS.

2 . Wondershare Filmora

Dibandingkan dengan software lainnya, aplikasi ini memiliki kelebihan yang dimana membuat berbeda dengan aplikasi lain atau kompetitornya. Untuk kamu para pemula tentunya bsia menggunakan aplikasi gratisnya, walaupun gratis banyak sekali fitur yang bisa kamu gunakan di dalamnya.

Dari segi ukuran, software ini terbilang cukup ringan sehingga tidak akan membuat komputer maupun PC kamu crash. Namun walaupun demikian untuk versi gratisnya setelah rendering, hasil videonya akan terdapat watermark, jika ingin hilang kamu harus berlangganan.

3 . Cyberlink PowerDirector

Aplikasi edit video terbaik selanjutnya adalah Cyberlink PowerDirector. Dimana kamu bisa melakukan editing video secara manual, selain itu juga bisa melakukan editing dengan menggunakan fitur express projectsi yang dimana fitur tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan editing secara cepat.

Disisi lain aplikasi ini juga sangat rekomendasi untuk kebutuhan profesional, berkat fitur – fitur yang ada di dalamnya. Selain itu softwre yang satu ini tidak membutuhkan spek yang tinggi. Dengan ram  2GB saja kamu bisa mengakses aplikasi tersebut.

4 . Adobe Premiere Pro

Aplikasi terakhir adalah sebuah aplikasi sejuta umat, pasalnya kini hampir sebagian besar orang menggunakan software yang satu ini yaitu Adobe Premiere Pro. Pasalnya aplikasi ini selain mudah untuk digunakan juga dibekali dengan segudang fitur yang terbilang lengkap dibandingkan kompetitornya.

Umumnya aplikasi ini digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti pernikahan, event video clip film dan lainnya dengan editing yang profesional, apalagi jika kamu sudah menguasai aplikasi ini tentunya bisa menjadi modal untuk kamu kerja. Namun untuk keluaran terbaru aplikasi ini kamu diharuskan berlangganan dengan budget yang bisa dibilang numayan.

Akan tetapi walaupun demikian kamu bisa puas untuk menggunakan berbagai macam fitur – fitur terbaik yang ada di aplikasi tersebut, selain itu juga kamu bisa menggunakan aplikasi versi gratisnya yang dimana pada versi ini kamu juga menikmati berbagai macam fitur terbaiknya.

Ahir Kata

Sekian informasi yang bisa disampaikan mengenai tips dan juga rekomendasi aplikasi edit video terbaik. Semoga dengan adanya hal ini tentunya bisa membuat kamu tahu apa saja yang harus dilakukan sebelum memilih aplikasi dan juga aplikasi apa saja yang bisa kamu gunakan untuk editing.