Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Paling Mudah

Jarumtekno.com - Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Paling Mudah. Wifi merupakan sebuah jaringan yang dapat membantu Kamu dalam mengakses Internet selain menggunakan Kuota Data Internet. Jika wifi di bandingan dengan kuota, lebih baik wifi karena jaringan sangat baik dan kuat.


Namun, terkadang Koneksi Wifi bisa saja mengalami lemot atau lambat ketika kamu akses, bisa saja melalui Android maupun Pc yang sedang kamu punya. Hal-hal seperti bisa saja membuat kamu menjadi sebel dan bete kalo menggunakan jaringan lemot banget, Apalagi kamu yang suka nonton streaming Gaming atau Film-film favorit kamu.

Tidak hanya itu, terkadang kita juga sering mengakses media sosial, browsing, dan pada saat itu kita akan membutuhkan koneksi jaringan kuat. Dan untuk setiap koneksi jaringan memiliki dua jenis yaitu menggunakan Paket Data/Kuota dan melalui Wifi sejenisnya, kedua hal ini, memiliki kelebihan dan kekurang masing-masing.

Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Wifi Gratis Di Sekitar Anda Dengan Mudah

Ketika sering menggunakan wifi, mulai toh anda merasakan kelemotan pada jaringan tersebut, mau gak mau kamu harus mempercepat koneksi Wifi tersebut dengan berbagai alat yang kamu ketahui. Jika kamu belum mengetahui cara mengatasi wifi agar lancar saat digunakan, nah pas banget, karena blog ini akan membantu memecahan permasalah yang sedang kamu hadapi itu.

Mengapa Harus Mempercepat Koneksi Wifi Di Android?


Android merupakan sebuah perangkat yang memiliki sistem operasi baik, dimana sekarang sudah banyak yang menggunakan di seluruh dunia bahkan negara Indonesia salah satunya. Sekarang sudah banyak HP yang berbentuk platform Android serta memiliki harga yang beragam, ada memiliki spesifikasi tinggi ada juga rendah.

Oke, berbicara tentang android tidak lepas dari kata wifi, Wifi Android memiliki kecepatan yang tinggi dan mampu menangkap jaringan wifi dengan baik. Alasan tetap mempercepat jaringan wifi pada android adalah agar memberikan akses yang cepat dan saat mendownload, atau mengakses media sosial. Karena itu penting sekali, dalam percepat wifi pada android yang sedang kamu memiliki.

Baca juga: Wifi Gratis: Begini Cara Mendapatkannya

Berikut Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Paling Mudah


1. Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Tanpa Aplikasi 


Cara yang pertama bisa dibilang secara manual atau tanpa bantuan aplikasi. Sebenarnya siap Hp android memiliki settingan yang berbeda-beda atau tidak sama terkecuali satu merek pasti sama. Semoga cara ini akan sama dengan Hp kalian, sehingga kalian dapat menggunakan untuk mempercepat jaringan wifi di android yang sedang kamu miliki sekarang.


  • Pertama, kamu masuk ke dalam Pengaturan/Settings di android
  • Setelah itu cara kata Opsi Lainnya atau Aditional Settings dan pilih
  • Kemudian, akan muncul Opsi Pengembang atau Developer Options dan di klik
  • Selanjutnya, kamu akan disuruh megisi Verifikasi Kode, Jika selesai mengisi, silahkan klik Continue
  • Pada tahap ini, kamu pilih Developer Options dan aktifkan
  • Tahap selanjutnya adalah pilih lagi Aggresive Wi-Fi Cellular Handover dan klik aktifkan
  • Selesai dah, kamu tinggal kembali saja dan langsung tes kecepatan jaringan wifi tersebut.



2. Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Menggunakan Aplikasi Wifi Switcher


Wifi Switcher merupakan sebuah aplikasi penguat jaringan wifi pada Hp android. Aplikasi ini memiliki fitur-fitur yang cukup gampang dan tidak sulit untuk dilakukan. Berikut adalah menggunakan Aplikasi Wifi Switcher:

  • Pertama, kamu download terlebih dahulu Aplikasi Wifi Switcher di Apkpure
  • Setelah selesai download dan Instal aplikasi Wifi Switcher ini, silahkan kamu buka dan jalankan
  • Selanjutnya, jika ada notifikasi minta izin akses silahkan di izinkan. Maka akan tampil beberapa wifi aktif di sekitar kamu
  • Tahap selanjunya, pilih centak Preffered pada wifi yang akan digunakan kamu
  • Setelah itu, pilih titik tiga (3 bullets) pada sebelah kanan paling atas 
  • Kemudian, kamu pilih menu Setinggs dan akan tampil beberapa menu pilihan
  • Selanjutnya kamu langsung pilih Ask Before Switching dan centang aktif
  • Selesai dan kamu langsung tes saja akses internet dan bakalan lancar

3. Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Menggunakan Aplikasi Wifi Docktor-Detect


Aplikasi yang satu ini tidak kalah dengan yang kedua karena kamu dapat mendownload di playstore secara gratis. Aplikasi ini mampu memberikan kecepatan jaringan wifi secara maksimal. Adapun beberapa kelebihan dari aplikasi ini yaitu Dapat mengecek keamanan Wifi, mampu juga meningkatkan kecepatan koneksi jaringan wifi, mampu mendeteksi jaringan wifi yang melambat, dan masihnya banyak yang lain, dan begini cara menggunakan aplikasi Wifi Docktor-Detect.

  • Pertama, download dulu aplikasi Wifi Docktor-Detect dan serta Instal sampai selesai
  • Jika sudah, silahkan berikan ijin pada aplikasi tersebut
  • Selanjutnya buka dan jalankan aplikasi wifi docktor-detect
  • Kemudian, pilih jaringan wifi yang ingin kamu gunakan pada Hp kamu
  • Setelah itu klik wifi tersebut dan tunggu prosesnya
  • Selesai

Berikut adalah 5 Tips Agar Jaringan Wifi Selalu Lancar dan Cepat


Cara ini digunakan jika kamu menggunakan wifi Laptop ataupun PC yang disambungkan pada Router. Untuk mendapatkan jaringan yang cepat dan berkualitas kamu hanya perlu mengatur beberapa hal saja. 
  1. Atur bandwidth internet. Mengatur bandwidth pada laptop itu penting karena dapat meningkatkan kecepatan jaringan wifi saat digunakan.
  2. Mengubah DNS pada PC maupun laptop. DNS merupakan sebuah IP yang dimana sebuah alamat jaringan, disitu kamu perlu mengubahnya agar dapat mendapatkan jaringan wifi yang cepat.
  3. Pilih modem dengan kualitas terbaik. Ingat pilih modem yang baik itu penting karena akan memberikan kualitas jaringan. 
  4. Perbarui Firmware Router. Jika kamu sering mengalami jaringan wifi lemot, sebaiknya perbahuri Firmware Router yang kamu miliki itu.
  5. Tempatkan Router di Lokasi yang Optimal. Tempat merupakan salah satu faktor kecepatan jaringan wifi, sangat baik jika tempat terbuka dan tidak tertutup.
Nah, begitu lah Cara Mempercepat Koneksi Wifi Di Android Paling Mudah yang dimana kamu tinggal terapkan dan menikmati kualitas jaringan tersebut. Semoga saja informasi ini dapat memberikan manfaat dan berguna bila diterapkan, terimakasih.